Atasi Gangguan Tulang Belakang Tanpa Operasi

Gangguan nyeri tulang belakang banyak dialami masyarakat khususnya kaum lanjut usia. Berbagai metode telah dikembangkan untuk mengatasi gangguan tersebut.

Salah satunya adalah metode nucleoplasty. Metode tersebut telah diterapkan untuk pertama kalinya di Indonesia yakni di Omni Medical Center (OMC), Tangerang pada 14 April lalu.

“Nucleoplasty merupakan metode penanganan gangguan tulang belakang yang disebabkan kerusakan bantalan tulang belakang (disc). Tindakan itu tidak memerlukan obat-obatan dan tindakan operasi,” ujar spesialis bedah saraf OMC dr Alfred Sutrisno.

Bantalan tulang belakang, kata Alfred, merupakan sebuah jaringan yang terletak di antara ruas-ruas tulang belakang. Bantalan tersebut memiliki banyak fungsi. Antara lain sebagai peredam gerakan antartulang belakang.

Bantalan tersebut dapat mengalami kerusakan atau pecah karena beberapa sebab. Antara lain kecelakaan, kesalahan dalam posisi duduk, terlalu sering mengangkat beban berat, dan bertambahnya usia. “Bertambahnya usia membuat bantalan yang tadinya elastis menjadi kaku sehingga mudah pecah,” ungkapnya.

Ketika bantalan tersebut pecah, bantalan menjadi melebar sehingga bagian tepinya menekan saraf-saraf yang terdapat dalam susunan tulang belakang. Akibatnya, penderita akan merasakan gangguan saraf terjepit.

Gejala yang dirasakan bisa bersifat ringan seperti kesemutan dan pegal-pegal, hingga yang berat seperti nyeri hebat dan kelumpuhan.

Tindakan operasi bisa mengatasi gangguan tersebut. Melalui tindakan operasi tersebut, bantalan yang rusak diperbaiki atau diganti sehingga saraf yang tadinya tertekan bisa dibebaskan.

Sementara itu, penanganan dengan tindakan nucleoplasty menghindarkan tindakan operasi. Metode ini dilakukan dengan pemberian energi radio frekuensi melalui sebuah alat yang mirip dengan suntikan pada lokasi kerusakan.

“Dengan alat itu, dilakukan tindakan coblation atau pemanasan bantalan yang rusak dengan energi radio frekuensi,” terang Alfred.

Dengan pemanasan tersebut, bantalan yang pecah akan mengerut sehingga saraf yang tadinya terjepit bisa dibebaskan.

Meski begitu, tidak semua kondisi kerusakan bantalan tulang belakang bisa ditangani dengan metode itu. Pada kerusakan bantalan yang berat dan kompleks, penanganannya tetap membutuhkan tindakan operasi.

Karena itulah, sebelum tindakan dilakukan, terlebih dulu pasien akan didiagnosis menggunakan CT scan atau MRI untuk melihat derajat kerusakan bantalan tulang.

About these ads

6 Tanggapan

  1. Kalo boleh tahu berapa biaya tindakan nucleoplasty..?

  2. Saya sering (sdh 1 th lebih) merasakan pegal2 di pinggang setelah 6x mengalami syaraf kejepit akibat olah raga.. dan sdh melaksanakan terapi baik itu dari dokter maupun alternatif akan tetapi pegal2nya belum jg hilang..Apakah saya termasuk bantalan rusak ? apa akibatnya bila kondisi ini saya biarkan saja ? krn sy msh bisa beraktifitas spt biasa..

  3. Datanglah anda ke counter ADVANCE di mal2 jakarta, atau anda
    bisa hubungi saya di no.08170956684 anda akan menemukan jawaban atas segala keluh kesah anda..tanpa operasi, bisa sembuh…biaya terjangkau..

  4. orang tua mengalami angguan pada kaki,betis,lutut trasa nyeri n buat jalan agak ksulitan apakah itu disebabkan gagguan pada syaraf tulang blakang……..mohon pnjelasan!

  5. hasil mri, Ruas Lumbal memperlihatkan lordosis normal dan tidak ada lisfesis. Signaling bone marrow masih baik dan tidak terlihat fraktur kompresi. Terlihat formasi ringan spur pada korpus L4-L5 disertai dengan penipsan diskus L4/5.Pada aspek posterior terlihat ekstrusi disk central type yang menekan dural dan fillum terminal. Terlihat robekan peridural membrane dan juga ligamen longitudinal posterior dan terlihat material diskus intrakanal. Flow signal CSF pada level ini sangat menurun. Tidak terlihat hipertrofik faset maupun penebalan ligamen flava. Pedikel, laman dural prosesu masih baik demikian pula dg kompartmen posterior lainnya.

    apa bisa dilakukan dg metode Nucleoplasty??

  6. Saya mengalami sakit pd tulang belakang dan sdh ada hasil mri.kata dokter ahli tulang di manado dan jtkt saya harus dioperasi.sy takut dgn jln operasi,untuk itu sya mohon kiranya ada informasi pengobatan tanpa operasi? apakah ada link kerja sama antar rumah sakit dan dokter ahli tulang di jkrta?
    terimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: