2008, Ditjen Pajak Bidik 200 WP Besar

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak tahun depan memfokuskan pengawasan terhadap 200 wajib pajak terbesar di setiap kantor wilayah (kanwil) atau kantor pelayanan pajak (KPP). Sedangkan sektor usaha wajib pajak (WP) besar yang akan masuk dalam program pengawasan itu antara lain yang bergerak di bidang jasa konstruksi, batubara, minyak sawit, dan realestat.

Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Ditjen Pajak Sumihar Petrus Tambunan mengatakan, pengawasan itu dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan WP guna mencapai target penerimaan pajak tahun depan.

“Kepatuhan WP membayar pajak merupakan ‘PR’ utama setiap tahun. Padahal, UU Pajak yang ada sekarang ini sudah bersifat self-assement karena itu untuk mencapai penerimaan pajak, upaya perbaikan admistrasi dan pengawasan perpajakkan terus dilanjutkan,” ujar Petrus kepada Investor Daily di Jakarta, akhir pekan lalu.

Untuk penerimaan pajak tahun depan, pemerintah dalam APBN 2008 menargetkan Rp 591,9 triliun. Angka tersebut terdiri atas penerimaan pajak dalam negeri Rp 569,9 triliun dan pajak perdagangan internasional Rp 22 triliun. Sedangkan target penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp 187,2 triliun yang didominasi penerimaan sumber daya alam (SDA) Rp 126,2 triliun.

Sementara itu, Dirjen Pajak Darmin Nasution mengatakan, target penerimaan pajak 2008 akan lebih mudah dicapai dibandingkan 2007. “Penerimaan pajak 2008 yang dipatok naik sekitar 22% dibandingkan tahun ini lebih realistis untuk dicapai,” paparnya.

Alasannya, kata Darmin, angka yang dipatok tergolong moderat. Selain itu, Ditjen Pajak telah memodernkan kantor-kantor pajak yang diharapkan bisa menyederhanakan proses pengurusan dan meningkatkan pelayanan kepada WP.

Investor Daily Indonesia; Kamis, 27 Des 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: