Pajak Serahkan Dua Tersangka Penggelap Pajak ke Kejaksaan

Direktorat Intelijen dan Penyidikan Direktorat Jenderal Pajak akhirnya menyerahkan dua tersangka pengguna faktur pajak fiktif berinisial DP dan AS ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta. Keduanya merupakan Direktur PT Anugrah Harapan Sejati dan PT Prima Mandiri Sejahtera. Sayang, Ditjen Pajak gagal menangkap otak penggelapan pajak berinisial AW.

Sejatinya, kedua perusahaan itu merupakan perusahaan milik WH. Bahkan DP dan AS sejatinya hanya orang-orang suruhan WH. {Baca juga KONTAN edisi 15 Desember 2007).

Sebelumnya, Kepala Sub Penyidikan Ditjen Pajak Pontas Pane membenarkan bahwa dua direktur itu hanya menjadi tameng WH, yang meminjam kedua perusahaan tersebut dari AW sebagai alat untuk pengimpor. “Jadi perusahaan ini untuk bisnis bawah tanah. Semua bea dan pajak impornya dibayar WH, tapi barangnya diserahkan ke pemilik yang tak memiliki faktur pajak,” jelas Ketua Tim Penyidik Pajak Neldi Nurzadi, Kamis (27/12).

Tersangka DP dan AS sendiri selaku direktur perusahaan menerbitkan dan menandatangani faktur pajak kepada pihak ketiga tanpa ada transaksi penyerahan barang dan penerimaan uang dari pemilik barang yang sebenarnya yaitu WH.

Sebagai penyeimbang dari faktur Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang diterbitkan tersebut, DP dan AS lalu melaporkan Surat Setoran Pajak PPN impor milik WH sebagai pajak masukan. Yang jelas, ulah mereka ini sejak 2003 sampai Agustus 2007 telah merugikan negara Rp 90 miliar.

Mereka terancam sanksi maksimal kurungan penjara selama enam tahun dan denda paling banyak enam kali jumlah pajak yang ada di faktur pajak. Dan sampai saat ini, Ditjen Pajak belum menyelesaikan proses penyidikan untuk WH, dan berjanji terus memburu AW.

Gentur Putro Jati
Harian Kontan; Jumat, 28 Des 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: