Kuku Sehat, Bukan Cuma Cantik

Tak cukup kuku kaki dan tangan anda tampak cantik. Kuku juga harus sehat. Di bawah ini ada 11 cara untuk menjaga kesehatannya dan semua itu bisa anda lakukan sendiri. Sebagian merupakan anjuran yang dimuat dalam ehow.com.

1. Jaga kebersihan kuku, dengan mencucinya, termasuk mengeluarkan kotoran dari dalamnya, dan mengguntingnya. Menggunting kuku sehingga menjadi tak terlalu panjang akan mencegah kuku patah. Selain itu, lebih panjang kuku, lebih mudah menampung kotoran. Kuku panjang pada kaki anda juga mengganggu kenyaman anda ketika mengenakan sepatu tertutup.

2. Minum suplemen biotin. Biotin menebalkan kuku dan mengurangi kuku tumbuh seperti terkelupas. Dianjurkan, 2,5 miligram per hari. Kuku juga membutuhkan zat-zat zinc dan besi, yang bisa didapat oleh tubuh dengan memakan, sebut saja, daging unggas, kacang-kacangan, biji-bijian, buncis, daging merah tanpa lemak, dan sereal.

3. Hindari produk-produk dengan bahan dasar aseton. Aseton membuat kuku kering. Sebagai gantinya, gunakan produk yang lebih lembut.

4. Berilah tangan anda krim pelembab sekurangnya tiga kali sehari.

5. Jagalah kutikula kuku anda anda. Kutikula itu melindungi akar kuku anda dari infeksi. Karenanya, jangan gunting kutikula di sekitar kuku anda. Untuk merawatnya dengan lembut, dorong dengan handuk, setelah merendam atau menyiram jari-jari anda dengan air, ketika kulit sedang dalam kondisi paling lunak. Pakai juga krim atau minyak kutikula setiap hari untuk membantu mencegah kuku yang tumbuh lepas dari kutikula.

6. Bersihkan alat-alat logam dengan sabun dan air dan kibas-kibaskan kikir kuku setiap kali habis menggunakan perlengkapan itu.

7. Guntinglah kuku dengan hati-hati hanya dengan menggunakan gunting kuku. Jangan mengguntingg kuku terlalu dalam. Kuku ibu jari kaki, yang cembung, berbeda dengan kuku-kuku lain, harus mendapat perlakuan khusus dalam mengguntingnya. Ujung-ujung kuku tersebut harus digunting juga, demi mencegahnya tumbuh menusuk ke dalam jari dan menimbulkan infeksi.

8. Kikirlah kuku dengan bentuk yang tepat. Bentuk yang paling sehat untuk kuku adalah oval agak bujur sangkar. Kuku yang berbentuk betul-betul bujur sangkar mungkin mudah sobek pada sudut-sudutnya, sedangkan yang berbentuk bulat mudah tumbuh seperti terkelupas.

9. Sapukan ridge filler atau cairan penghalus permukaan kuku yang akan dicat. Cairan tersebut tidak cuma akan membuat kuku yang dicat kelak tampak lebih halus, tapi juga menjadikan cat kuku tahan lama.

10. Jauhi bahan-bahan yang mengandung toluene dan formaldehyde. Zat-zat kimia ini bisa membuat kuku kering.

11. Haluskan pinggiran kuku dengan kikir kuku sesudah digunting yang sudah digunting. Lalu, poleslah kuku dengan cat kuku dan biarkan cat itu kering. Setelahnya, poleslah seluruh permukaan kuku dengan pelapis cat kuku.

5 Tanggapan

  1. Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Nantikan segera plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi untuk Blogspot dan WordPress dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/kesehatan/kuku_sehat_bukan_cuma_cantik/

  2. Miliki Kuku Indah & Menarik
    Dapatkan tips-tipsnya…
    Free : Godie Bag,Nail Art Accessoris,Doorprice,Lunch,Konsultasi,dll
    HTM : Datang sendiri=Rp.100.000/person
    Datang berdua=Rp.75.000/person
    Untuk 10 Pembaca Setia Majalah Kartika akan mendapatkan Voucher & Souvernir Special
    Acara ini DiDukung oleh Majalah Kartika-Edisi No.75
    Registrasi terlebih dahulu
    Pembayaran via BCA
    Tgl : 11 oct 2009
    jam : 10.00-12.00
    Ticket : Rp.100.000/org & 2org @75rb
    Undangan bs liat di FB v3l0v382@yahoo.com/inggrid kusno

  3. biasanya aku cuma potong kuku plus kikir ujung tepinya.. gak kepikiran buat kutikula hhe, udah gitu motongnya juga ngikutin garis kuku aja.. secara kukuku bentuk jengkol yg gak jelas bentuknya, lebar2 n pendek :p

    — visit http://m.rujakasik.com

  4. oh gtu toh cara merewat kuku sehat.. makasih ya pengetahuannya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: