Kadal Tertua Pemakan Tumbuhan

JAKARTA, SELASA – Kadal tertua yang memangsa tumbuh-tumbuhan hidup sekitar 130 juta tahun lalu. Keberadaannya terlacak dari fosil yang ditemukan di Jepang.

Fosilnya sudah ditemuukan sejak tahun 2001, namun baru diidentifikasi. Para ilmuwan mengklasifikasikan kadal tersebut sebagai spesies baru dengan nama Kuwajimalla kagaensis. Hewan tersebut lebih tua daripada Dicothodon, kadal herbivora tertua sebelumnya, yang hidup di Amerika Utara sekitar 100 juta tahun lalu.

“Ini sangat langka dan sangat tua,” kata Susan Evan, paleontoog dari Universitas College London yang mengidentifikasi spesies tersebut. Berdasarkan ukuran tulang-belulangnya, para ilmuwan memperkirakan ukuran tubuhnya antara 25 hingga 30 centimeter. Struktur giginya menjadi petunjuk sifat herbivora. Giginya mirip dengan gigi iguana yang juga masuk ke dalam kelompok kadal pemakan tumbuh-tumbuhan.

Kadal pemakan tumbuh-tumbuhan tergolong langka karena kebanyakan makan serangga. Dari sekian banyak kadal yang masih bertahan hidup sampai sekarang, hanya ada 3 persen yang masuk kelompok ini. Rata-rata, kadal tersebut makan tumbuh-tumbuhan yang berbunga (angiosperma).

Tumbuhan Bunga

Hewan tersebut mungkin makan tumbuhan berbunga yang muncul di awal periode perkembangannya. Sebab, kadal berukuran kecil seperti ini mungkin tak sanggup memangsa daun tumbuh-tumbuhan tak berbunga (gimnosperma) yang umumnya tebal dan keras. Namun, tetap ada kemungkinan ia makan daun gimnosperma muda yang lebih kecil dan lunak.

“Dengan menemukan fosil ini dari Jepang, hal tersebut mungkin menunjukkan bahwa tubuh-tumbuhan berbunga sudah ada meskipun kami belum punya bungki nyata,” ujar Makoto manabe, salah satu peneliti dari Museum Sains Nasional, Tokyo, Jepang. Fosil tertua tumbuhan berbunga sejauh ini berusia 125 juta tahun.

Satu Tanggapan

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/lingkungan/kadal_tertua_pemakan_tumbuhan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: