Membangun Situs Galeri Foto Interaktif yang Murah

Membangun situs galeri foto berbeda dengan situs berita. Banyak yang lihai membangun situs berita, tapi “mati kutu” ketika menghadapi galeri foto. Bagaimana membuat galeri yang mudah, murah, dan interaktif? Tulisan ini mengulas beberapa software yang layak direkomendasikan.

Pertanyaan umum bagi organisasi atau fotografer yang ingin membangun galeri foto adalah menggunakan software apa untuk bisa membangun galeri sendiri? Bagi pemula, kebiasaan menggunakan template atau kumpulan script yang siap pakai, yang ditulis dalam bahasa HTML, bisa membantu sementara. Beberapa menggunakan software Photoshop yang bisa memproduksi galeri foto berbasis HTML secara otomatis.

Atau menggunakan Flash (yang sekarang banyak dibuat template-template bagus) untuk mengejar tampilan yang “ngejreng” dan ceria. Namun, persoalan galeri semacam itu adalah satu: statik, tidak dinamis dan tidak interaktif.

Solusi murah membangun galeri interaktif ternyata ada pada bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Duet PHP dan MySQL plus webserver Apache akan membuat galeri foto lebih powerfull dan mudah dikelola. Tak pernah mengenal PHP atau MySQL? Lupakan saja, software sekarang sudah dilengkapi sistem instalasi yang canggih yang memudahkan orang awam untuk meng-install.

Era Open Source, yang ditopang PHP dan MySQL, telah melahirkan software-software kelas dunia yang didistribusikan dengan semangat kebebasan (free) dan bisa didapatkan gratis serta legal. Tak perlu cari bajakan atau membobol nomor serial software tertentu untuk bisa meng-online-kan galeri foto. Menggunakan Open Source bukan berarti “mutu rendah”, Open Source kini sudah jadi trade mark kebebasan, aman (secure), dan semangat memperbaiki.

Fokus pembahasan di sini adalah mencari software untuk membangun website galeri foto. Plus, penekanannya adalah galeri foto yang interaktif dan memudahkan pengelolaan baik dari sisi admin maupun dari sisi anggota.

Ada tiga kandidat yang diunggulkan dalam hal ini, yaitu Gallery 2 (http://gallery.menalto.com), Coppermine (www.coppermine-gallery.net), dan 4images (www.4homepages.de). Ketiga galeri itu sama-sama memiliki fitur untuk memudahkan pengelolaan, mulai dari upload berbasis web dan FTP, resizing otomatis, membuat thumbnail otomatis, menampiljan foto berdasar kriteria tertentu, slidshow, menyimpan informasi dalam database, serta fitur sistem keanggotaan.

Sebelum mencoba contoh software galeri foto, pastikan Anda suah memiliki domain atau subdomain serta hosting yang mendukung PHP, MySQL, plus meng-enable GD/ImageMagick (untuk resizing otomatis serta membuat thumbnail otomatis). Soal bagaimana mendapatkan hal itu, telusuri dengan Google akan cepat menjawab persoalan.

Khusus bagi Anda yang memiliki hosting yang didukung oleh CPanel (cpanel.com) serta memiliki fasilitas Fantastico, maka Anda bisa meng-install software tersebut secara instan tapna capek downlod dan upload file.

Gallery 2

Pengalaman menggunakan Gallery 2 ini cukup mengejutkan karena banyaknya fitur-fitur profesional yang disediakan. Mendukung fitur multibahasa serta mudah untuk menerjemahkannya. Gallery 2 mendukung 30 bahasa dan bisa terdeteksi berdasarkan alamat IP pengunjung.

Fitur lain adalah alamat yang bisa dipendekkan, galeri yang bersifat fit-to-window yaitu gambar akan mengubah berdasarkan ukuran layar pengguna. Pencarian keyword juga canggih, dan yang terpenting adalah mendukung EXIF Headers dengan cara membaca informasi yang ditempelkan dalam exif file foto.

Statistik, komentar, polling, sideshow, struktur album, mendukung paypal addon sehingga bisa digunakan untuk transaksi online, dan masih banyak lagi yang membuat Gallery 2 patut unggul dibandingkan dengan galeri lain.

Salah satu kelemahan Gallery 2 adalah isu ketidakstabilan database. Bisa dimaklumi, ribuan database ter-input dalam sistem yang kompleks sehingga jika ada gangguan sedikit saja bisa berakibat error database. Memilih Gallery 2 berarti memilih fasilitas wah sebuah software gratis tapi jangan lupa backup rutin.

Salah satu contoh adalah situs http://www.marcobrivio.com. Para jurnalis foto Kompas juga sempat “bersimulasi” dengan Gallery 2 ini dengan situsnya http://simulasi.indonesiaimages.net.

Coppermine

Galeri Coppermine sempat didera isu keamanan dalam beberapa tahun yang lalu. Beberapa situs menggunakan Coppermine banyak dikerjai oleh para cracker. Akan tetapi, akhir-akhir ini, Coppermine mulai bangkit lagi.

Coppermine mengklaim memiliki fitur yang mudah diintegrasikan dengan berbagai software lainnya. Rumus mereka: Web Server Apache + PHP + MySQL + ImageMagick/GD = CPG (Coppermine Gallery).

CPG adalah nama generik dari Coppermine ini. Salah satu sukses untuk mengintegrasikan Coppermine ke sistem Content Management System (CMS) terletak pada Dragonfly CMS (www.cpgnuke.com). Salah satu pendiri Dragonfly adalah developer Coppermine yang telah meninggalkan Coppermine. Bedanya, dengan sistem Dragonfly, Coppermine telah dioprek sedemikian rupa sehingga isu lubang keamanan sudah tak ada lagi.

Dragonfly adalah kisah sukses mengintegrasikan berita, galeri, forum, chat, sistem keanggotaan, polling, dan masih banyak lagi fitur interaktif dalam satu paket CMS. Sudah pasti, semua gratis. Contoh galeri yang menggunakan Coppermine yang sudah diintegrasikan dengan Dragonfly adalah http://www.banjarmasinpost-photo.org.

4images

Dibandingkan dengan galeri lain, 4images termasuk mudah untuk belajar. Software ini mendukung sistem komentar, registrasi user, proteksi password, sistem template yang mudah, sistem multibahasa, RSS feeds, menunjukkan IPTC dan data EXIF, rating, proteksi spam, proteksi akses langsung file, fungsi newsletter, e-cards, dan backup database. Situs http://www.forumkamera.com disinyalir menggunakan 4images ini.

Tips Membangun Galeri

– Tentukan apakah ingin galeri interaktif atau statik. Jika memang interaktif, pilih Open Source seperti Gallery 2, 4images, atau Coppermine.

– Tentukan dulu apakah kebutuhannya murni hanya untuk galeri atau ada fitur lain seperti forum, berita, “polling”, “chatting”. Jika multifungsi, maka pilihlah CMS yang sudah mengintegrasikan fitur-fitur tersebut.

– Jika ingin membangun galeri foto dengan “script” sendiri, pastikan sistem yang Anda pakai kebal terhadap praktik penyerangan. Open Source dalam hal ini lebih punya sisi keamanan yang lebih unggul. Jadi, jika Anda tak punya ahli atau master di bidang PHP/MySQl yang andal, memilih Open Source akan lebih bijak.

– Tentukan apakah Anda akan mengintegrasikan galeri dengan sistem pembayaran (jika galeri dijual), jika iya maka pilihlah galeri yang sudah mendukung “shopping cart”. Gallery 2 sudah mencoba membangun fasilitas tambahan untuk “shopping cart” yang diintegrasikan dengan pembayaran ”online” Paypal.

3 Tanggapan

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/software/membangun_situs_galeri_foto_interaktif_yang_murah/

  2. oo..
    satu lagi prend,,
    kemarin saya sudah mencoba install gallery 2 trus jalan beberapa minggu nahh,,,, setelah itu langsung eror kalo gak salah ada 5 line yg eror.
    akhirnya saya mengalami kebuntuan untuk memperbaiki, sudah ke forum gallery 2. tetap gak ada pembahasan.
    sekarang saya mencoba coppermine . install sdh saya lakukan,,,
    tinggal mengisi msyql dn database nya,
    mudah2han ini gak kasus seperti gallery 2 pertamaku

    regard

  3. ok info yang bagus teman…salam blogger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: