Kiat Mencetak Anak Sehat

Mengajarkan anak untuk memiliki kebiasaan hidup sehat tak cukup hanya lewat nasehat. Lebih dari itu, Anda perlu menjadi teladan bagi si kecil.

1. Menjadi contoh positif
Jika Anda tidak ingin anak Anda merokok, tunjukkan pada mereka Anda tidak punya kebiasaan itu. Bila tak ingin punya anak obesitas kurangilah kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak di rumah. Anak selalu meniru kebiasaan dan tingkah laku orang di sekitarnya.

2. Stop mengeluh
Hindari mengeluh di depan si kecil soal susahnya menurunkan berat badan atau menghentikan kebiasaan merokok. Keluhan-keluhan yang selalu Anda lontarkan akan membuat mereka menganggap hidup sehat itu sulit.

3. Tetapkan tujuan
Libatkan anak dalam membuat rencana kegiatan sehat yang akan dilakukan bersama, misalnya acara bersepeda sekeluarga atau mencoba resep makanan sehat.

4. Biarkan Anak mencoba
Kenalkan anak pada berbagai jenis kegiatan olahraga sejak dini dengan cara menyediakan alat-alat olahraga di rumah, misalnya raket atau bola basket.

5. Seimbangkan kebiasaan buruk dan baik
Tunjukkan pada mereka Anda tetap bisa menonton acara favorit di tivi sambil berlari di treadmill atau selalu menyikat gigi setelah makan makanan manis.

6. Hindari memberi makanan sebagai hadiah
Banyak ibu-ibu yang merayu anaknya untuk makan sayuran dengan memberi es krim atau kue sebagai hadiah. Kebiasaan itu akan membuat anak menilai es krim sebagai sesuatu yang baik dan sayuran hal yang buruk.

7. Biarkan mereka paham
Sampaikan pada si kecil pentingnya hidup sehat. Bila anak telah memiliki pemahaman akan kesehatan tak sulit untuk mengajaknya berolahraga atau makan makanan sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: