Maunya Kurus Instan, Derita yang Didapat

Memiliki siluet tubuh yang ramping merupakan impian kebanyakan perempuan. Bagi sebagian orang keinginan tersebut bahkan berubah menjadi obsesi hingga nekat melakukan “diet ekstrim”. Alih-alih menjadi kurus, justru penyakit yang didapat.

Dalam sebuah rubrik konsultasi seorang gadis menulis bagaimana ia selalu merogoh makanan yang sudah terlanjur ditelannya. Ia nekat melakukannya karena merasa minder dengan bentuk tubuhnya.

“Semula tidak enak sebab tenggorokan saya jadi sakit semua. Tetapi entahlah Bu, karena makan saya jadi tambah banyak dan dikejar ledekan teman-teman, saya nekat tetap menggunakan cara tersebut,” begitu ungkapnya.

Apa yang dilakukan gadis tersebut termasuk dalam eating disorder. Yang termasuk dalam gangguan tersebut diantaranya anorexia nervosa dan bulimia nervosa. Para pengidap penyakit ini umumnya adalah mereka yang selalu merasa tak puas dengan bentuk tubuhnya, meski sebenarnya baik-baik saja. Putri Diana, Calista Flockart, dan Jessica Alba, adalah sebagian dari para penderita eating disorder.

Tak Pernah Puas
Penderita bulimia biasanya adalah orang yang merasa tidak berharga. Mereka juga cenderung melakukan apa saja untuk menyenangkan orang lain sedangkan perasaan mereka sendiri disembunyikan. Penderita bulimia umumnya suka makanan manis dan mengandung lemak.

Jika penderita bulimia tidak bisa mengendalikan nafsu makannya, penderita anoreksia justru menolak untuk makan atau membatasi porsi makanan karena takut bertambah gemuk. Mereka terobsesi menjadi kurus meski berat badannya sudah di bawah normal. Selain diet mati-matian, mereka juga kerap minum obat pencahar atau memuntahkan kembali makanan yang ditelannya.

Berbahaya
Akibat paling fatal dari gangguan anoreksia adalah kematian. Namun sebelum hal itu terjadi penderitanya akan mengalami berbagai komplikasi, seperti tekanan darah rendah, dehidrasi, fungsi ginjal rusak, menstruasi tidak lancar, serta detak jantung melambat.

Sama seperti anoreksia, bulimia juga bisa mengakibatkan kematian. Penyakit lain yang akan menanti diantaranya masalah dengan saluran pencernaan dan gigi.

Selain mendapatkan perawatan fisik, penderita anoreksia dan bulimia perlu menjalankan pemulihan psikologis. Dalam hal ini dibutuhkan dukungan dari orang di sekitar dengan cara meyakinkan mereka bahwa mereka dicintai.

Satu Tanggapan

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/kesehatan/maunya_kurus_instan_derita_yang_didapat/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: