Meditasi Halau Serangan Jantung

Untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan batin serta kualitas hidup, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang bermeditasi kurang lebih 10 menit setiap hari, dapat meningkatkan gelombang alfa, yaitu gelombang yang bisa merilekskan otak, dan mengurangi kegelisahan dan depresi.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa meditasi dilakukan tidak hanya untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan batin saja, namun juga menunjukkan keuntungan-keuntungan lainnya.

Dalam pemaparan situs yahoohealth.com meditasi meditasi bisa mengurangi rasa sakit dan menambah sistem imun tubuh. Bahkan meditasi bisa mengurangi resiko serangan jantung hingga 11 persen dan mengurangi resiko stroke hingga 8-15 persen.

Para peneliti di Harvard Medical School menggunakan teknologi MRI pada beberapa partisipan untuk memonitor aktivitas otak ketika mereka bermeditasi. Mereka menemukan bahwa meditasi dapat mengaktifkan bagian dari otak yang menguasai sistem nervous, yang mengatur fungsi di tubuh kita yang tidak bisa kita atur, seperti pencernaan dan tekanan darah. Ini juga merupakan fungsi yang sering berhubungan dengan stres.

Meditasi biasanya dilakukan dengan cara duduk diam, dan memusatkan perhatian pada tarikan nafas. Namun meditasi bisa saja dilakukan sambil berjalan atau berdiri. Itu bukanlah cara yang aneh, karena meditasi yang dilakukan biksu di dataran tinggi Tibet dilakukan dengan berjalan beberapa langkah kemudian berhenti, begitu seterusnya sampai ia mencapai tujuannya.

Meditasi memang merupakan cara yang efektif untuk mengurangi stres, dan mudah untuk dilakukan oleh banyak orang. “Jika seseorang berusaha untuk mengatasi rasa gelisah, ia mungkin akan mendapatkannya setelah meditasi. Dan meditasi benar-benar bisa meningkatkan kesehatan mental karena menimbulkan naiknya tingkat penerimaan diri dan pengetahuan tentang seseorang,” kata Roger Thomson, Ph.D., seorang psikolog di Chicago.

Nah, apakah Anda sudah berfikir untuk mulai melakukan meditasi singkat di sela-sela kesibukan Anda?

Satu Tanggapan

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/kesehatan/meditasi_halau_serangan_jantung/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: