Terapi Mind-Body untuk Penderita Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah sindrom yang ditandai dengan nyeri kaku pada otot pada daerah ujung tendon, khususnya pada daerah punggung dan leher. Nyeri akan lebih berat dirasakan apabila penderita tidak melakukan aktivitas apa-apa. Nyeri akan berkurang ketika penderita melakukan aktivitas.

Para penderita fibromyaligia menginginkan agar rasa sakit berkurang dan tidur yang nyenyak, banyak orang telah mencoba pengobatan alternatif untuk fibromyalgia. Setahun belakangan, para peneliti menemukan beberap fakta kuat, terapi mind-body dalam proses penyembuhan fibromyolgia dapat membantu meringankan rasa sakit. Alternatif perawatan lain mungkin berhasil bagi beberapa orang, namun hanya sedikit ilmuwan yang membuktikan keberhasilan perawatan tersebut. Terapi lain kadang tidak sesuai untuk penderita fibromyalgia.

Terapi mind-body merupakan metode terapi dengan penyelarasan antara tubuh dan pikiran. Mirip dengan meditasi atau yoga, namun bila dilakukan dengan benar dapat mengurangi rasa sakit yang sering datang mendera.

Selain terapi mind-body, menurut Birgit Rakel, MD, rumah sakit Thomas Jefferson di Philadelphia seperti dikutip situs webMD mengatakan Anda dapat mencoba alternatif lain. Akupuntur, pengobatan dengan pijatan, meditasi, biofeedback (sebuah terapi untuk dapat mengendalikan fungsi tubuh yang biasanya tidak bisa dikendalikan secara sadar, seperti tekanan darah atau detak jantung) dan homeopathy. Terapi tersebut juga sebaik vitamin spesifik, mineral dan suplemen herbal. Terapi tersebut merupakan perawatan alternatif terbaik untuk penderita fibromyalgia.

Sedangkan untuk obat-obatan herbal, Rakel menyarankan produk suplemen yang disebut Zyflamed. produk tersebut mengandung jahe, kunyit, teh hijau, rosemary, oregano dan basil. “untuk beberapa orang, suplemen tersebut dapat mengurangi rasa sakit pada fibromyalgia,” ujar Rakel. Zyflamed dijual di counter natural health atau toko-toko yang menjual vitamin atau mungkin Anda bisa mendapatkannya di apotik-apotik.

Tapi tetap gunakan pada dosis yang telah ditentukan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya. Beberapa pengobatan herbal dapat mempengaruhi pengobatan lain yang sedang Anda jalani.

Nutrisi yang dibutuhkan untuk penderita fibromyalgia, Rakel menyarankan untuk menjalankan terapi Intravenous (IV). Yakni nutrisi formula yang mengandung magnesium, calcium, vitamin C, vitamin B komleks dan Niacin. Satu studi menunjukkan bahwa penderita fibromyalgia yang menerima nutrisi campuran melalui terapi IV saminggu sekali selama delapan minggu secara signifikan mengurangi sakit dan rasa lelah – dan energi yang meningkat setelah menjalani terapi.

Chiropractic Manipulation (CM) juga bisa dijadikan salah satu metode pengobatan fibromyalgia. CM biasanya digunakan untuk sakit punggung, dan beberapa studi telah menemukan bahwa metode ini dapat mengurangi sakit. Tapi beberapa uji klinis mengatakan CM tidak menunjukkan keefektifan dalam proses penyembuhan sakit punggung dan leher.

Penyebab fibromyalgia belum dapat diketahui secara pasti. Para peneliti menemukan tingginya tingkat respon syaraf, yang disebut zat P, dan faktor pertumbuhan sistem saraf cairan di tulang belakang dari penderita fibrolyalgia. Cairan serotonin pada saraf otak juga relatif rendah pada penderita fibromyalgia.

Studi mengenai fibromyalgia mengatakan bahwa sistem pusat syaraf pada otak bisa jadi sangat sensitif. Para peneliti mencatat bahwa ada semacam kesalahan persepsi yang telah menyebar diantara para penderita fibromyalgia.

Pasien dengan fibromyalgia juga sangat lemah terhadap mekanisme gerakan mata, kebiasaan tidur (dimana biasanya setelah bangun tidur ditandai dengan kelelahan dan perasaan tidak segar). Serangan fibromyalgia termasuk kedalam kategori tekanan psikologis, trauma dan peradangan.

Satu Tanggapan

  1. Buat janji anda sekarang juga..
    Diskon 60% untuk 3 pertemuan pertama berlaku hingga akhir Juli.
    Info lebih lengkap; canadianchiropracitc.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: